Monday, June 11, 2007

Doa dan Secangkir kopi...

Pernahkah kita dalam hidup merasa beban yang kita tanggung sangat berat sehingga seakan kita sudah tidak mampu lagi menjalaninya, mungkin masalah tidak tertutup bagi orang yang sudah bekerja saja, banyak juga kaum muda dan anak-anak yang mengalami stres, mungkin stres karena pelajaran atau stres karena pergaulan, mungkin stres karena cinta.. dsb dsb dsb. Aku rasa tidak ada manusia yang benar-benar lepas dari stres.

Mungkin stres yang dialami masing-masing manusia memiliki kadar yang berbeda, tentu saja disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi orang tersebut, namun yang ingin aku bahas kali ini bukanlah stres itu sendiri, karena kalau kita ingin membahas tentang stres, ngga akan ada habisnya sampai nanti kita pulang ke rumah BAPA di surga, sampai saat itu mungkin baru semua stres itu akan hilang ^_^ kali ini aku akan memberi sedikit tips bagaimana mengatasi stres yang ada dalam kehidupan yang sedang kita jalani ini

DOA DAN SECANGKIR KOPI

Lho kok ?!? apa hubungannya stres dengan secangkir kopi ? seharusnya bukan hanya secangkir kopi saja, itu hanya sebuah perumpamaan sederhana, aku pernah mendapati sebuah pertanyaan “lebih besar manakah tenaga yang dibutuhkan untuk mengangkat beban 10 kg sebanyak 10 kali ataukah mengangkat segelas air selama 10 menit tanpa bergerak?” aku pernah mencobanya dan aku dapat mengatakan lebih berat mengangkat segelas air selama 10 menit tanpa bergerak (anda bisa mencobanya sendiri kalau tidak percaya ^_^) mengapa bisa demikian ? karena dalam mengangkat beban, otot kita memiliki waktu untuk beristirahat sejenak dalam setiap angkatan, dalam kondisi seperti ini bukanlah menjadi masalah berapa kali kita akan mengangkat. Namun dalam mengangkat segelas air tanpa bergerak, otot kita akan “dipaksa” untuk bekerja terus menerus menahan beban gelas air yang ada dan pada suatu titik, otot kita akan mengalami stres dan melemah (aku bukanlah orang medis yang mampu menjelaskan dengan detail, namun kurang lebihnya seperti itu)

Itu juga yang terjadi dalam hidup kita, jika kita mengalami stres terus menerus, maka suatu titik kita tidak akan mampu menanggungnya kembali, sedangkan semakin hari, dunia memberikan semakin banyak stres kepada kita dalam hidup (tidak heran kalau angka bunuh diri meningkat drastis akhir2 ini… hahahaha) nah… ambilah waktu sejenak untuk melepaskan stres itu (mungkin dengan pergi ke cafĂ© dan meminum secangkir kopi hangat di sana), hal ini akan membuat kita lebih fresh dan siap untuk mengangkat beban kita lagi. Aku sudah mencoba mempraktekkannya and its work !!! tentu saja ditambah dengan doa untuk meminta pertolongan Tuhan dalam setiap masalah yang kita hadapi =) aku rasa mengenai masalah doa aku tidak perlu membahas lagi karena aku yakin banyak orang yang sudah mengetahui bahkan mengalami kekuatan sebuah doa yang dinaikkan dengan sungguh-sungguh. Jadi jika ditanya, apakah resep untuk menghadapi stres dalam hidup, anda sudah tau jawabnya bukan ?
yup !! Doa dan secangkir kopi.

Sudahkan anda berdoa dan mengambil “secangkir kopi” hari ini ?
Sam – 11th June 2007

No comments: