Wednesday, June 6, 2007

Ortu ?? Right or Wrong..

Orang tua selalu benar ?? eh belom tentu lho… ^_^
terus kalo salah gimana ??
ortu jadi Lawan… ato kawan … ?
Ribut ama ortu, bole ga sih ??

Itu sebagian ungkapan yang sering muncul ketika berbicara mengenai hubungan antara ortu dan anak, mungkin beberapa kali kita sempat berselisih paham ama ortu mengenai masalah yang kita hadapi baik itu dalam dunia pendidikan (lingkungan sekolah ato kuliah kita sehari-hari), pergaulan kita dengan teman-teman kita, masalah percintaan, masalah masa depan, dan banyak hal-hal lain yang dapat menyebabkan perselisihan pendapat dengan ortu. Aku rasa tidak ada anak yang tidak pernah merasakan adanya perbedaan pendapat dengan ortu sebaik dan sealim apapun dia… ^_^ yang menjadi pertanyaan, bagaimanakan menyikapi perbedaan pendapat yang ada antara kita sebagai anak dengan orang tua kita. Kali ini aku akan mencoba memberi sedikit gambaran dan mungkin sedikit solusi mengenai hal ini.

Pada dasarnya tidak ada orang tua yang menghendaki suatu yang buruk bagi anak-anaknya, seorang pencuri pun tidak menginginkan anaknya menjadi seorang pencuri juga (kecuali memang sudah menjadi bos mafia kali yah… hahahah) intinya tidak ada orang tua menghendaki suatu yang buruk bagi anaknya… namun yang menjadi masalah, terkadang apa yang baik bagi orang tua belum tentu dirasakan baik oleh si anak, kita ambil contoh yang paling ekstrim… seorang anak umur 3 tahun menganggap segelas ice cream coklat kesukaannya adalah yang terbaik buat dia meskipun dia dalam keadaan sakit, namun aku rasa orang tua anak itu tahu bahwa ice cream tersebut dapat membuat anaknya lebih sakit sehingga mereka tidak mengabulkan permintaan anaknya… aku rasa semua pasti setuju dengan contoh ini… namun bagaimana dengan masalah pacar ? apakah semua masih bisa setuju ? hahahaha (aku rasa sebagian dari kita pernah merasakan hal ini ^_^) aku dulu juga pernah ngerasain gimana sedihnya orang yang kita cintai ditolak ortu… namun selang beberapa waktu, aku belajar satu hal karena fakta berbicara apa yang menjadi penilaian ortu ku benar adanya, penilaianku yang salah… dari itulah aku belajar bahwa pengalaman orang tua yang katanya sudah banyak makan asam garam (makanya ortu pada darah tinggi, kebanyakan garam sih.. wakakakak ^o^) btw karena itulah membuat mereka mampu menilai seseorang lebih baik dari kita yang masih muda ini… mungkin 30 tahun mendatang kita akan menghadapi masalah yang sama dengan anak-anak kita ketika kita mengetahui bahwa mereka salah memilih pacar =)

Sampai di sini seakan aku menggambarkan bahwa ortu selalu benar bukan ? tapi tunggu dulu !! ortu tidak selamanya benar loh… mereka juga manusia bukan ? dan aku rasa tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan.. kalau mereka salah, apa yang harus kita lakukan ? aku akan memberi landasan dasar dari alkitab dalam menyikapi permasalah ini

“Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.”
(Keluaran 20 : 12)

“Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu; dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati.”
(Matius 15 : 4)

“Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.”
(Kolose 3 : 20)

jadi… ?? gimana caranya ??
pada dasarnya kita tidak boleh membenci orang tua kita,apalagi sampai mengutuki dan menjadikan mereka sebagai musuh bebuyutan kita… hal itu sudah ada pada alkitab, dan aku rasa semua agama tidak ada (atau setidaknya belum pernah ada) satu pun yang mengajarkan umatnya untuk menentang orang tua mereka. Jadi bagaimanapun mereka, kita harus tetap menghormati mereka karena tanpa mereka pun kita tidak akan ada di dunia. Tuhan menitipkan kita pada mereka walaupun SEANDAINYA mereka tidak membesarkan kita secara baik. Mungkin pertentangan dapat dihindari seandainya semua pihak mau terbuka dan jujur serta sabar dalam menghadapi masalah yang ada, namun PADA UMUMNYA orang tua selalu menang… hahahaha bagaimana menyikapi hal ini ?

cara pertama
adalah mencoba mengadakan diskusi terhadap ortu, coba sampaikan secara baik-baik maksud yang kita miliki, mungkin ortu salah paham terhadap hal yang kita yakini. Diharapkan jika orang tua dapat melihat sisi baik dari maksud dari tujuan kita, mereka dapat memahami dan mengijinkan atau bahkan mendukung rencana kita.

Cara kedua
adalah mencoba meyakinkan mereka dengan memberikan bukti nyata. Misal masalah pacaran, berikan bukti pada mereka ketika kita dekat dengan cowo / cewe yang kita suka, nilai study kita meningkat, pelayanan di gereja semakin rajin, semakin rajin bantu ortu kerja, dll dll. Biasanya jika ortu dapat melihat efek positif maka mereka akan mencoba memikirkan ulang pendapat kita dan mengesampingkan pendapat mereka.

Cara ketiga
adalah dengan berdoa ama Tuhan. Dengan iman dan percaya kita JIKA YANG DIMINTA KITA BAIK DIMATA TUHAN, pasti Tuhan bantu buat selesaiin. Hal ini sering terjadi dalam hal agama, ortu menghendaki kita mengikuti agama mereka sedangkan kita memiliki iman percaya kita pada Tuhan, dalam hal ini kita tidak boleh mengadakan konfrontasi dengan ortu. Kisah ekstrim adalah jika ortu melarang kita beribadah ke gereja misalnya, kita tidak boleh melawan mereka namun bukan berarti kita tinggal diam, doakan mereka… jika kita setia berdoa pasti Tuhan memberikan jalan keluar yang terbaik buat kita. Ngga kurang banyak kok kisah yang berakhir indah hanya karena kesetiaan doa dari seorang anak.

Banyak cara lain yang dapat dilakukan namun pada dasarnya adalah ketiga hal di atas. Berdasar pengalamanku, sejahat-jahatnya ortu kita, jika mereka melihat hal yang baik buat anaknya, apa sih yang ngga ? hehehehe banyak ortu yang terlihat galak bukan karena mereka ingin jahat terhadap anaknya, namun mungkin mereka tidak atau belum menemukan cara yang tepat untuk menunjukan cinta mereka buat anak-anaknya dan bukankah cinta dapat ditunjukan dengan banyak cara ? Tuhan ajah yang sangat mencintai kita anak-anakNYA terkadang juga “menghajar” kita dengan berbagai permasalah yang ada, namun ending-ending tetap yang terbaik buat kita bukan ? ^_^ yah seperti itulah sedikit gambaran tentang ortu kita di dunia ini, so ? loves your parents before it’s too late..

GOD ALWAYS LOVES YOU !!
Sam - 5th June 2007

No comments: